Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres di STIKes Surya Global Yogyakarta

Asri Setiowati, Suib Suib

Abstract


Latar Belakang: Seiring berjalannya waktu, mahasiswa akan mengalami stres. Dukungan sosial teman sebaya mampu menjadi cara dalam mengatasinya. Dengan adanya dukungan sosial yang diterima seperti perduli, bantuan emosional, instrumental dan informasi dapat mengurangi efek negatif stres yang dialami.
Tujuan: Mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres pada mahasiswa santri putri semester II Program Studi Keperawatan di STIKes Surya Global Yogyakarta.
Metode: Metode menggunakan non-eksperimen dengan penelitian deskriptif korelasi dan menggunakan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling dengan jumlah responden sebanyak 51 mahasiswa santri putri. Analisis data menggunakan uji Kendall Tau.
Hasil: Hasil menunjukkan responden dengan dukungan sosial teman sebaya yang baik dengan tingkat stres ringan sebanyak 37 responden (82,2%). Analisis data Kendall Tau membuktikan signifikansi p=0,003 yang berarti bahwa p=<0,05. Dan untuk nilai koefisien korelasi r=-0,629.
Kesimpulan: Berhubungan signifikan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres pada mahasiswa santri putri semester II Program Studi Keperawatan di STIKes Surya Global Yogyakarta.

Keywords


Dukungan sosial teman sebaya; Mahasiswa; Stres

Full Text:

Doc PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v9i1.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: