Pengaruh Terapi Nature Sounds terhadap Tingkat Stres pada Pasien Diabetes Militus Tipe 2 di Puskesmas Kotagede 1 Yogyakarta

Suib Suib, Ani Mashunatul Mahmudah, Bahria Ipa

Abstract


Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Salah satu penyebab peningkatan kadar gula darah adalah terjadinya stres. Mengatasi stres dapat dilakukan dengan terapi musik nature sounds (suara air mengalir), pada penelitian sebelumnya dilakukan penelitian pengaruh terapi nature sounds pada pasien kecemasan di ICU didapatkan kecemasannya menurun dan terapi nature sound dapat juga menurunkan hormon-hormon stres, mengaktifkan hormon endorfin alami (serotonin).

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi nature sounds terhadap tingkat stres pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas Kotagede 1 Yogyakarta.

Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Pra-Eksperimendengan one-group pre-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 16 responden. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner tingkat stress.Teknik analisa data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh terapi nature sounds terhadap perbaikan tingkat stres pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas Kotagede 1 Yogyakarta dibuktikan dengan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan terapi nature sounds nilai p = 0,000 <a = 0,05.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh terapi nature sounds terhadap perbaikan tingkat stres pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas Kotagede 1 Yogyakarta.


Keywords


Terapi nature sounds; Tingkat stres.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v10i2.490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: