Hubungan Dukungan Suami dengan Kondisi Fisik dan Kondisi Psikososial Ibu Primigravida

Ariani Fatmawati, Asrie Alifah, Nina Gartika

Abstract


Latar belakang: Kehamilan merupakan proses adaptasi ibu dengan peran dan tugas baru. Terjadi banyak perubahan seperti perubahan fisik dan psikologis. Adaptasi terhadap segala bentuk perubahan dan tugas baru memerlukan dukungan suami.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan suami dengan kondisi fisik dan kondisi psikososial pada ibu primigravida.
Metode: metode penelitian kuantitatif korelatif dengan desain cross-sectional. Jumlah total sampel adalah 86 ibu primigravida dengan cara purposive sampling. Kriteria inklusi ibu primigravida, sehat fisik dan tinggal dengan suami atau pasangan. Pengambilan data menggunakan kuesioner dukungan suami, kondisi fisik dan kondisi psikologis ibu hamil. serta data dianalis dengan uji chi-square.
Hasil: Menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan suami dengan kondisi fisik dan psikososial ibu primigravida dengan p-value 0,000.
Kesimpulan: Ibu primigravida yang tidak mendapatkan dukungan berisiko mengalai gangguan fisik dan psikososial, terutama pada ibu yang usianya masih remaja.

Keywords


Dukungan suami; Ibu hamil; Kondisi fisik; Kondisi psikososial; Primigravida

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v8i2.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

      






MAPS: