Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Primipara yang Bekerja dengan Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta

yanti susilawati, Endar Timiyatun

Abstract


Latar belakang: Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi. ASI secara alami dan sempurna telah disesuaikan dengan kebutuhan bayi baru lahir. ASI mengandung jumlah nutrisi yang tepat dan memberikan nutrisi pada bayi. ASI juga mengandung antibodi penting yang diberikan dari ibu yang membantu untuk melindungi bayi terhadap sejumlah infeksi.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI eksklusif dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif pada ibu primipara yang bekerja di wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 responden dengan teknik sampling jenuh.
Hasil: Hasil menunjukkan bahwa mayoritas ibu memberikan ASI eksklusif yaitu 22 orang (68,8%) dan minoritas ibu yang tidak ASI eksklusif yaitu 10 orang (31,2%) yang berarti pengetahuan yang baik dan sikap baik ibu primipara yang bekerja akan cenderung memberikan ASI eksklusif. Hasil uji chi square p=0,000 (p>0,05) menunjukan bahwa ada hubungan sikap Ibu tentang ASI eksklusif dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif pada ibu primipara yang bekerja di wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta.
Kesimpulan: Terdapat hubungan pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI eksklusif dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif pada ibu primipara yang bekerja di wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta. Penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi ibu primipara yang bekerja dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI eksklusi dengan keberhasilan pemberian ASI Eksklusi. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengkaji faktor-faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI eksklusif.

Keywords


ASI Ekslusif; Pengetahuan; Primipara; Sikap

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v9i1.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: