Dukungan Keluarga Meningkatkan ASI Eksklusif

Nandini Parahita Supraba, Annisa Sali Pinaremas

Abstract


Latar belakang: Suatu dukungan yang didapatkan dari keluarga tentu memiliki peran terhadap sukses atau tidaknya kegiatan menyusui. Bila dukungan yang  diperoleh untuk terus melakukan kegiatan menyusui semakin besar, akan besar juga ketahanan terus melakukan kegiatan menyusui bayi. Bila ibu kurang memperoleh suatu dukungan keluarga, bisa menjadi kurang bahkan tidak dapat percaya diri serta motivasinya memberi ASI pada bayinya berkurang.

Tujuan: Mengetahui dukungan keluarga dengan pemberian ASI Ekslusif pada bayi.

Metode: Metode penelitian cross-sectional analitik, menggunakan survei secara kuantitatif. Subjek yang diteliti yaitu ibu memiliki bayi usia 0 sampai dengan 6 bulan yaitu 33 responden melalui purposive sampling. Menggunakan uji chi-square, Confidence Interval 95%. Untuk melihat secara keseluruhan hubungan variabel bebas digunakan analisis multivariat.

Hasil: Didapatkan hasil bahwa sebanyak 19 orang (100%) dari 19 ibu menyusui, dukungan keluarga serta pemberian ASI Ekslusif baik. Sebanyak 1 orang (7,2%) dari 14 ibu menyusui, dukungan dari keluarga serta pemberian ASI Ekslusifnya kurang.

Simpulan: Dukungan dari keluarga berhubungan secara bermakna dengan pemberian ASI Ekslusif pada bayi dengan nilai p=0,000.


Keywords


Dukungan Keluarga; Menyusui; Pemberian ASI Ekslusif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: