Peran Informal Perawatan Keluarga terhadap Pencegahan Serangan Stroke pada Pasien Pasca Stroke

Putri Melinda, Suhari Suhari, Dodik Hartono, Muhammad Alfarizi

Abstract


Latar belakang: Pasien pasca stroke memiliki risiko lebih besar serangan berulang dengan mordibitas dan mortalitas yang lebih tinggi. Keterlibatan keluarga dalam perawatan menjadi sumber motivasi pasien dalam pengobatan. Dalam hal ini peran informal kerluarga sebagai caregiver penting untuk mencegah stroke yang berulang.

Tujuan: Mengetahui hubungan peran perawatan keluarga informal terhadap pencegahan serangan stroke pada pasien pasca stroke di Puskesmas Jatiroto.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi dan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 35 responden anggota keluarga pasien pasca stroke dengan pengambilan sampel dengan tenik Accidental Sampling. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner peran informal perawatan keluarga dan pencegahan stroke. Analisis penelitian ini menggunakan uji sperman rho test.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki perawatan keluarga kategori baik sebanyak 26 responden (74,3%) dan pencegahan serangan stroke pada pasien pasca stroke kategori baik sebanyak 24 responden (68,6%). Hasil uji analisis Spearman's rho menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 yang berarti bahwa ada hubungan peran perawatan keluarga informal dengan pencegahan serangan stroke pada pasien pasca stroke di Puskesmas Jatiroto.

Kesimpulan: Peran informal keluarga pada pasien stroke dapat meningkatkan perubahan hidup pasien stroke, memberikan motivasi dalam pengobatan dan pencegahan stroke berulang. Keluarga dapat memberikan dukungan perawatan secara penuh pada pasien untuk mencegah faktor risiko stroke yang berulang.


Keywords


Pencegahan; Perawatan Keluarga Informal; Stroke.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: