Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Keluarga Berencana Memengaruhi Penggunaan Keluarga Berencana Pasca Persalinan

Ni Nyoman Tutiari, Ni Nyoman Suindri, Ni Wayan Ariyani

Abstract


Latar belakang: Keluarga Berencana sangat berperan dalam penurunan AKI dan AKB. Capaian penggunaan KB Pasca Persalinan masih jauh dari target di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Marga II, sehingga penelitian ini perlu dilakukan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan penggunaan KB pasca persalinan, mengidentfikasi pengetahuan dan penggunaan KB pasca persalinan.

Metode: Jenis penelitian ini analitik korelasi, data primer didapatkan dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder didapatkan dengan menggunakan form pendataan. Populasinya semua ibu yang melahirkan hari ke 42-60 hari, Sampelnya sebanyak 67, metode pengambilan sampel yaitu total sampel, kemudian dilakukan analisa data secara bivariat dan univariat.

Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan tingkat pengetahuan ibu yang paling banyak pengetahuan baik (83,6%) dan ibu menggunakan KB sebanyak 50,7%. Analisis data dengan uji Chi Square menunjukkan hasil p-value 0,001 yang menunjukkan terdapatnya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang KB dengan penggunaan KB pasca persalinan

Kesimpulan: Pengetahuan baik mendukung penggunaan KB pasca persalinan

 

Kata kunci: Ibu; Pengetahuan; KB Pasca Persalinan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: