Peningkatan Pengetahuan Perawat Puskesmas tentang HIV/AIDS dengan Metode A Brief Intervention

Ari Athiutama, Aldella Trulianty

Abstract


Latar belakang: Pengetahuan perawat adalah bagian dasar yang diperlukan perawat dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dimana pengetahuan yang kurang dapat menimbulkan hal-hal negatif seperti stigma diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).
Tujuan: Untuk melihat pengaruh dari metode a brief intervention pada pengetahuan perawat puskesmas tentang penyakit HIV/AIDS di Kota Palembang.
Metode: Desain penelitian ini adalah Quasy Experiment Pre-Posttest with Control Group. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden dimana kelompok intervensi dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 24 responden. Analisis data menggunakan Paired Samples T-test dan Independent Samples T-test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pengetahuan pretest kelompok intervensi sebesar 19.96 meningkat pada posttest sebesar 23.83 dengan nilai p value 0.001, sedangkan rata-rata nilai pengetahuan pretest kelompok kontrol sebesar 21.50 meningkat pada posttest sebesar 21.96 dengan nilai p value 0.302. Perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan nilai p value 0.015.
Kesimpulan: A brief intervention ini efektif terhadap peningkatan pengetahuan perawat puskesmas tentang HIV/AIDS.

Keywords


A Brief Intervention; HIV/AIDS; Pengetahuan; Perawat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v9i1.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: