Terapi Hydro (Kompres Air Hangat) terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Haid (Dismenorea) pada Remaja Putri

Amelia Irsa Pratiwi, Nunung Herlina, Kartika Setia Purdani

Abstract


Latar belakang: Salah satu tindakan non farmakologis untuk penanganan dismenorea adalah kompres hangat yang bertujuan agar meningkatkan sirkulasi aliran darah ke bagian yang nyeri, menurunkan ketegangan otot dimana dapat meningkatkan relaksasi otot dan mengurangi nyeri akibat dari spasme atau kekakuan, dan juga memberikan rasa nyaman.

Tujuan: Untuk mengetahui Pengaruh Terapi Hydro (Kompres Air Hangat) Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Haid (Dismenorea) Pada Remaja Di SMP Negeri 16 Samarinda.

Metode: Desain penelitian ini menggunakan quasy exsperimental research dengan pendekatan pretest-posttest with control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 32 responden sesuai kriteria inklusi dan eksklusi dengan menggunakan teknik pengambilan sample purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah paired sample t-test dan independent sample t-test.

Hasil: Hasil penelitian paired sample t-test dan independent sample t-test menunjukkan bahwa p-value = 0,000 (p< 0.05), artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh terapi hydro (kompres air hangat), sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan terapi hydro (kompres air hangat) ada penurunan nyeri, tetapi tidak sebesar kelompok intervensi. Terapi hydro (kompres air hangat) efektif untuk meredakan nyeri haid (dismenorea).


Keywords


Dismenorea; Nyeri Haid; Menstruasi; Kompres Hangat; Remaja Putri.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: