Pengaruh Pemberian Tablet Fe dan Bubur Kacang Hijau terhadap Peningkatan Kadar Haemoglobin Ibu Hamil Trimester III

Rabiah Umanailo, Sri Linda

Abstract


Latar Belakang: anemia merupakan masalah kesehatan yang berdampak buruk bagi ibu hamil dan janin, secara tidak langsung dapat berkontribusi dalam meningkatkan angka kematian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan ibu hamil agar teratur minum tablet Fe dan pemberian bubur kacang hijau untuk mengatasi anemia pada ibu hamil sehingga dampak anemia dapat dicegah.

Tujuan: menganalisis pengaruh pemberian tablet Fe dan bubur kacang hijau terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester III dengan Anemia Sedang di wilayah kerja Puskesmas Kalumata.

Metode: menggunakan one group pretest-posttest design, penelitian pada 23 ibu hamil primigravida trimester III di wilayah kerja Puskesmas Kalumata Kecamatan Ternate Selatan. Pemberian bubur kacang hijau sebanyak 1 cup sekali sehari selama 14 hari. Sebelum dan sesudah intervensi peneliti mengukur kadar hemoglobin (Hb) menggunakan alat pemeriksaan Hb digital. Uji statistik yang digunakan yaitu Wilcoxon signed rank test.

Hasil: rata-rata kadar Hb sebelum intervensi adalah 8,4 gr/dl dan rata-rata kadar Hb setelah intervensi adalah 11,4 gr/dl.  Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kadar hemoglobin sebelum dan sesudah pemberian tablet Fe dan bubur kacang hijau dengan p-value 0,000 <nilai α = 0,05.  Kesimpulan: konsumsi tablet Fe dan Bubur Kacang Hijau secara signifikan dapat meningkatkan  kadar hemoglobin ibu hamil trimester III dengan anemia sedang.


Keywords


Tablet Fe; Kacang Hijau; Hemoglobin

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i1.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: