Efektivitas Imunisasi BCG terhadap Kejadian Tuberkulosis Anak di Kabupaten Bangka

Ayu Febri Wulanda, Susan Delilah

Abstract


Latar belakang: Vaksin Bacillus Calmette Guerin (BCG) masih merupakan satu-satunya vaksin berlisensi untuk melawan Tuberkulosis, dengan perkiraan cakupan global mencapai 85%, namun kasus TB Anak masih ditemukan, walaupun cakupan imunisasi sudah sesuai dengan target.
Tujuan: Menganalisis efektivitas imunisasi BCG terhadap kejadian TB pada anak di Kabupaten Bangka.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain kasus kontrol, populasi 93 anak didiagnosa TB di Kabupaten Bangka pada tahun 2019. Total sampling digunakan untuk kelompok TB sedangkan simple random sampling digunakan untuk kelompok kontrol, perbandingan jumlah sampel 1 kasus : 1 kontrol. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi Square, perhitungan Odds Ratio (OR), Attributable Fraction, Attributable Number, dan Attributable Fraction Population.
Hasil: Total 25 anak yang tidak divaksin BCG, 21 orang (84,0%) didiagnosa TB. Kelompok yang diberi vaksin BCG, ada 55 orang (43,3%) yang menderita TB. Analisis statistik menunjukkan ada hubungan bermakna antara pemberian imunisasi BCG dengan kejadian TB anak (p=0,000). OR sebesar 6,87 (95% CI 2,2 -21,1). Efektifitas imunisasi BCG pada penelitian ini sebesar 85%.
Kesimpulan: Efektivitas imunisasi BCG adalah 85%, dinyatakan efektif mencegah kejadian Tuberkulosis Anak. Anak yang tidak mendapat imunisasi BCG beresiko 6,87 kali lebih tinggi untuk menderita TB Anak.

Keywords


BCG; Efektifitas; Tuberkulosis Anak

Full Text:

doc PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v9i1.333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: