Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi: Studi Kasus pada Lansia

Taufik Kurrohman, Deri Kusmadeni

Abstract


Latar belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi penyebab tingginya angka kematian di Indonesia. Hipertensi adalah faktor resiko utama untuk penyakit kardiovaskuler. Hal ini menjadi ancaman serta tantangan kesehatan global untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Puskesmas Taman Sari kasus hipertensi untuk kategori > 45 tahun mengalami peningkatan setiap tahunnya dari tahun 2019 yaitu 802 kasus (62,17%), tahun 2020 yaitu 1,061 kasus (82,24%), dan tahun 2021 yaitu 1,261 kasus (97,75%).

Tujuan: Faktor-Faktor Apa saja Yang Memiliki Hubungan Dengan Hipertensi Pada Lansia usia ≥ 45 Tahun Wilayah Kerja Puskesmas Taman Sari Kota Pangkalpinang.

Metode: Menggunakan Desain Penelitian cross-sectional analitik dengan pendekatan survei kuantitatif. Subjek pada penelitian yaitu 103 orang lansia yang berusia ≥ 45 tahun, dipilih secara simple random sampling. Penelitian memakai uji chi-square, Confidence Interval (CI) 95%.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa lansia yang obesitas hipertensi sebanyak 59 orang, lansia aktivitas fisiknya kurang baik yang hipertensi sebanyak 41 orang, kebiasaan merokok lansia yang hipertensi sebanyak 57 orang, lansia yang konsumsi garam berlebihan yang hipertensi sebanyak 37 orang. Dari hasil pengujian uji chi-square didapatkan hasil p-value = 0,019 < 0,05 pada variabel kegemukan (obesitas), aktivitas fisik, didapatkan hasil p-value = 0,012 < 0,05 pada variabel Kebiasaan Merokok didapatkan hasil p-value = 0,018 < 0,05 dan pada variabel konsumsi garam didapatkan hasil p-value = 0,016 < 0,05.

Kesimpulan: faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Taman Sari yaitu obesitas, aktivitas fisik, kebiasaan merokok, konsumsi garam berlebihan. Disarankan pihak Puskesmas Taman Sari harus lebih proaktif dalam memberikan penyuluhan tentang hipertensi kepada masyarakat, Bagi Pasien yang hipertensi sebaiknya melakukan aktivitas fisik agar tubuh menjadi sehat dan juga bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian hipertensi pada lansia dengan memilih faktor-faktor lainnya.


Keywords


Hipertensi; Puskesmas Taman Sari; Hipertensi pada lansia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v10i2.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: