Hubungan Golongan Darah ABO dengan Kadar Kolesterol Total Darah

Eny Erlinda Widyaastuti, Kartika Kartika

Abstract


Latar belakang: kolesterol darah total diketahui memiliki kaitan erat dengan munculnya berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, hiperkolesterolemia, stroke, dan sebagainya. Berbagai upaya pencegahan yang dilakukan termasuk mengontrol faktor yang berhubungan dengan kolesterol misalnya jenis kebiasaan konsumsi makanan, olah raga, dan kontrol terhadap penyakit seperti diabetes melitus. Namun demikian, beberapa studi yang mencari hubungan genom golongan darah terhadap kadar kolesterol darah total.
Tujuan: penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara golongan darah ABO dan kadar kolesterol total darah di Desa Sekar Biru Kecamatan Parit Tiga tahun 2018.
Metode: penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan melibatkan 136 orang responden. Pemilihan responden penelitian dengan teknik consequtive sampling.
Hasil: penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan kadar kolesterol darah antara golongan darah A dan B (P=0,523), A dan AB (P=0,057), A dan O (P=0,087), O dan AB (P=0,849), O dan B (P=0,167), B dan AB (0,099). Selain itu juga didapatkan tidak ada hubungan kadar kolesterol darah total golongan darah O, A, B, dan AB (P=0,121).
Kesimpulan: tidak dittemukan adanya hubungan antara golongan darah ABO dengan kadar kolesterol total darah di Desa Sekar Biru.

Keywords


blood group, cholesterol

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v8i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

      






MAPS: