Perkembangan dan Pemanfaatan Aplikasi Deteksi Stunting pada Anak di Indonesia: Scoping Review

Septy Nur Aini, Dudella Desnani Firman Yasin, Raden Ade Sukarna

Abstract


Latar belakang: Stunting masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Untuk mencegah terjadinya stunting diperlukan penanganan yang komprehensif terhadap semua pihak yang terkait dengan pertumbuhan anak, yaitu orang tua terutama ibu, keluarga, lingkungan serta tenaga kesehatan dalam melakukan pemantauan pertumbuhan anak. Pemantauan status gizi melalui Posyandu masih memiliki banyak keterbatasan, terutama secara khusus dalam penemuan kasus stunting. Oleh karena itu, banyak dikembangkan aplikasi-aplikasi deteksi stunting. Penggunaan aplikasi dalam smartphone berupa software dapat digunakan untuk membantu dalam mendeteksi stunting.

Tujuan: untuk mengidentifikasi perkembangan dan pemanfaatan aplikasi deteksi stunting.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian Scoping review menggunakan strategi PRISMA checklist. Pencarian literature menggunakan strategi pencarian PICOS framework pada empat database yaitu Google Scholar, Pubmed, Science Direct, dan EBSCO dengan limitasi pada desain dan tahun studi. Analisis kualitas menggunakan checklist daftar penilaian kemudian dilakukan Critical appraisal. Studi yang sudah memenuhi kriteria inklusi akan dilakukan sintesis.

Hasil: Hasil penelusuran artikel yang digunakan menggunakan kata kunci sesuai topik diperoleh sejumlah 139 artikel yang kemudian dilakukan screening dengan melihat adanya duplikasi, kesesuaian judul dan abstrak serta dilakukan analisis kesesuaian dan eligibilitas dengan menggunakan JBI Critical Appraisal Checlist didapatkan sejumlah 11 artikel yang dilakukan review.

Kesimpulan: Hasil Scoping review menunjukkan variasi aplikasi terkait stunting baik berbasis android maupun web. Aplikasi dilengkapi dengan deteksi stunting namun penggunaannya lebih difokuskan pada peningkatan pengetahuan dengan sampel remaja, ibu, kader maupun mahasiswa keperawatan. Penelitian yang ada masih berfokus pada aspek manfaat aplikasi dalam peningkatan pengetahuan terkait stunting belum pada bagaimana penggunaannya baik penyebaran maupun deskripsi penggunaan dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: