Analisis Kandungan Zat Gizi dan Daya Terima Bakso Tusuk Ikan Kembung dengan Penambahan Sayur Bayam Sebagai Alternatif Snack Untuk Anak Sekolah Dasar

Anindita Hanifa Destriana, Sutyawan Sutyawan

Abstract


Latar belakang: Pola makan anak usia sekolah dasar yang cenderung suka jajanan dan kurangnya konsumsi sayur. Bakso tusuk ikan kembung dengan penambahan sayur bayam merupakan salah satu alternatif jajanan untuk meningkatkan konsumsi sayur dan pemenuhan gizi pada anak usia sekolah dasar.

Tujuan: Menganalisis daya terima dan kandungan gizi pada produk bakso ikan kembung penambahan sayur bayam.

Metode: Metode eksperimen pada studi ini menerapkan Rancangan Acak Lengkap dengan mengembangkan 5 formula. Masing-masing formula memiliki perbandingan komposisi ikan kembung dan sayur bayam yaitu F1(100:0), F2(90:10), F3(80:20), F4(70:30), dan F5(60:40). Daya terima diperoleh dari uji organoleptik. Data kandungan zat gizi pada formula terpilih diperoleh berdasarkan uji laboratorium.

Hasil: Penambahan sayur bayam pada bakso tusuk ikan kembung berpengaruh nyata (p<0.05) pada seluruh atribut organoleptik kecuali tekstur. Hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa F3 paling disukai. Kandungan zat gizi pada 1 porsi formula bakso terpilih F3 yaitu energi 24.2 kkal, protein 2.4 g, karbohidrat 3.7 g, kalsium 8.8 mg, dan zat besi 0.6 mg.

Kesimpulan: Bakso tusuk ikan kembung sayur bayam pada F3 memiliki daya terima yang paling baik. Selain itu kandungan protein, kalsium, dan besi pada F3 dapat membantu pemenuhan kecukupan zat gizi anak usia sekolah dasar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: