Determinan Kekerasan Terhadap Anak oleh Orang Tua di Indonesia: Studi Literatur

Syifa Khairunnisa, Chahya Kharin Herbawani

Abstract


Latar belakang: Kekerasan anak menjadi permasalahan global yang hingga saat ini belum dapat terselesaikan. Ironisnya, kasus kekerasan anak terjadi di dalam ruang lingkup yang kecil seperti keluarga dan dilakukan oleh orang-orang terdekat sang anak, yakni orang tua.

Tujuan: mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan (determinan) terjadinya kekerasan terhadap anak oleh orang tua di Indonesia.

Metode: literature review dengan menggunakan enam artikel yang diperoleh dari tiga database online yakni Garuda, Google Scholar, dan PubMed .

Hasil: Faktor-faktor yang menyebabkan kekerasan terhadap anak oleh orang tua di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut di antaranya pengalaman orang tua sebagai korban kekerasan; rendahnya pendidikan orang tua yang menyebabkan minimnya pengetahuan terhadap tumbuh kembang anak; pola pengasuhan atau cara mendidik anak yang cenderung negatif. Di sisi lain, faktor eksternal yang dimaksud adalah kondisi ekonomi keluarga yang kurang; dan faktor budaya yang menempatkan anak di posisi yang lebih rendah daripada orang tua (orang dewasa).

Kesimpulan: Berdasarkan faktor-faktor tersebut, orang tua diharapkan dapat meningkatkan

pengetahuannya sehingga mampu mengenali bentuk, penyebab, dan dampak kekerasan terhadap anak. Selain itu, upaya pemberdayaan anak, penegakkan hukum, dan penanganan korban kekerasan anak oleh pemerintah juga perlu menjadi priotitas.

 

Kata kunci: Anak-anak, Indonesia, Kekerasan, Orang tua.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: