Jenis dan Tempat Pertolongan Persalinan terhadap Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini

Ni Wayan Nina Adiari, Ni Made Dwi Purnamayanti, Regina Tedjasulaksana

Abstract


Latar belakang: Angka Kematian neonatal dilaporkan 80% terjadi pada usia 0 hingga 6 hari. Penelitian Edmond menyatakan 40% kematian bayi yang terjadi dalam bulan pertama kehidupannya dapat dicegah dengan IMD2. Inisiasi Menyusu Dini merupakan penyusuan segera setelah lahir hingga bayi mencapai puting susu ibu. Manfaatnya dapat mengurangi 22% kematian neonatal dan mencegah terjadinya perdarahan pospartum. Angka capaian IMD UPTD Puskesmas Selemadeg Timur 1 (44,3%) target 100%.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara jenis serta tempat pertolongan persalinan ibu terhadap penerapan IMD di wilayah kerja UPTD Puskesmas Selemadeg Timur 1

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah analisis cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu nifas dan digunakan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel.

Hasil: Uji chi-square digunakan dalam uji statistik. Uji Chi-Square memberikan nilai p-value sebesar 0,001 untuk jenis persalinan ibu terhadap pelaksanaan IMD, dan p-value sebesar 0,001 untuk tempat persalinan terhadap pelaksanaan IMD.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara jenis serta tempat pertolongan persalinan dengan pelaksanaan IMD.


Keywords


Jenis Persalinan; Tempat Pertolongan Persalinan; Inisiasi Menyusu Dini.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: