Pengaruh Pemberian Kimchi Rebung dan Bengkuang terhadap Kejadian Konstipasi

Salama Salama, Terati Terati, Muzakar Muzakar

Abstract


Latar belakang: Konstipasi didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana frekuensi buang air besar menurun dan sulit untuk melakukan defekasi dikarenakan perubahan pada konsistensi feses menjadi lebih keras dan besar. Konstipasi dipengaruhi oleh asupan makanan. Makanan yang mengandung serat tinggi berperan penting dalam pencegahan konstipasi. Serat dapat ditemukan dengan mudah pada bahan makanan khususnya sayur dan buah ataupun produk olahannya. Namun nyatanya konsumsi terhadap sayur dan buah masih sangat rendah.

Tujuan: Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kimchi rebung dan bengkuang pada remaja penderita konstipasi di MAN 2 Palembang.

Metode: Proses penelitian terbagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama penelitian menggunakan jenis penelitian rancangan acak lengkap (RAL) nonfaktorial. Sedangkan pada tahap kedua penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experiment (eksperimen semu) dan rancangan one group pre-test - post-test design.

Hasil: Rata – rata penurunan kejadian konstipasi dengan melihat penurunan total nilai kuesioner adalah 5,60. Hasil analisis statistik t-dependen diperoleh nilai p-value = 0,000 yang artinya ada pengaruh pemberian kimchi rebung dan bengkuang terhadap kejadian konstipasi dan kejadian konstipasi dipengaruhi oleh asupan serat dan cairan.

Kesimpulan: Kimchi rebung dan bengkuang dapat digunakan dalam upaya penurunan kejadian konstipasi pada remaja di MAN 2 Palembang.

 

Kata kunci: Bengkuang, Kimchi, Konstipasi, Rebung, Serat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v11i2.714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: