Pengaruh Tablet Fe dan Pisang Ambon Terhadap Kadar Hemoglobin pada WUS Pada Masa Prakonsepsi di SMA Negeri 3 Boyolali

Dian Ramadani, Megayana Yessy Maretta, Yunia Renny Andikhatias

Abstract


Latar Belakang : Anemia merupakan masalah kesehatan global yang terjadi di negara berkembang dan maju. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), Indonesia memiliki statistik anemia WUS tidak hamil tertinggi ke-4 di Asia Tenggara pada tahun 2018 dengan 30,4%. Di Indonesia, prevalensi anemia WUS tidak hamil sebesar 48,9%. Salah satu upaya pencegahan anemia adalah dengan pemberian Tablet Fe dan Pisang Ambon.
Tujuan : Untuk menganalisis pengaruh pemberian tablet Fe dan pisang ambon terhadap kadar hemoglobin (Hb) pada WUS pada masa prakonsepsi di SMA Negeri 3 Boyolali.
Metode : Untuk melakukan penelitian ini, metode quasi eksperimen digunakan, yaitu pre-test post-test with control group design. Jumlah sampel 68 orang yang berpartisipasi dalam penelitian ini diambil dengan metode probability random sampling, random sampling ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney.
Hasil : Sebagai hasil dari analisis Wilcoxon, yang menghasilkan nilai p-value 0,00, dan analisis Mann-Whitney, yang menghasilkan nilai p-value 0,044, menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam kadar Hb antara kelompok sebelum dan sesudah perlakuan. Sehingga, H₀ ditolak dan Hₐ diterima.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh tablet Fe dan pisang ambon terhadap kadar hemoglobin (Hb) pada WUS pada masa prakonsepsi di SMA Negeri 3 Boyolali.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v12i1.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

                  






MAPS: