Uji Aktivitas Antidiabetes Ekstrak dan Fraksi Daun Jambu Biji (Psidium guajava L.) Secara In Vitro Menggunakan Metode Inhibisi Enzim -Amilase

Mifthakhul Jannah Ainun Nafis, Anita Dwi Septiarini, Desy Ayu Irma

Abstract


Latar belakang: Diabetes merupakan gangguan kronik pada sistem metabolisme yang menyebabkan kenaikan kadar glukosa darah. Pengobatan dapat dilakukan dengan mengurangi kadar glukosa darah melalui penghambatan enzim -amilase.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas penghambatan enzim -amilase oleh ekstrak etanol, fraksi n-heksan, fraksi etil asetat dan fraksi air dari daun jambu biji merah (Psidium guajava L.) dengan pembanding akarbose.

Metode: Metode yang digunakan adalah pengukuran warna komplek iodin dengan pati menggunakan spektrofotometer pada panjang gelombang 645 nm.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji merah (Psidium guajava L.) mengandung senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid, fenol, flavonoid, saponin, steroid/terpenoid dan tanin. Pengujian aktivitas penghambatan enzim -amilase oleh ekstrak etanol, fraksi n-heksan, fraksi etil asetat dan fraksi air diperoleh nilai IC50 berturut-turut sebesar 65,16 ppm, 42,41 ppm, 25,89 ppm, dan 106,70 ppm.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa  fraksi etil asetat daun jambu biji merah (Psidium guajava L.) memiliki aktivitas penghambatan terhadap enzim -amilase yang sangat kuat dengan nilai IC50 sebesar 25,89 ppm.


Keywords


Daun Jambu Biji; Diabetes Melitus; Enzim Alpha Amilase

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v12i1.803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

                  






MAPS: