Hubungan Konsep Diri dengan Kepatuhan Pasien Tuberkulosis Paru dalam Menjalani Pengobatan

Devita Permatasari, Grido Handoko, Rizka Yunita, Muhammad Alfarizi

Abstract


Latar belakang: Tuberkulosis paru menjadi masalah kesehatan global dan beban negara. Pengobatan yang lama dan perubahan tubuh akibat manifestasi klinis TB paru sering mengakibatkan gangguan konsep diri pada pasien. 

Tujuan: Mengetahui hubungan konsep diri dengan kepatuhan pasien TB paru dalam menjalani pengobatan.

Metode: Desain penelitian menggunakan korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 43 pasien TB paru yang menjalani pengobatan di Puskesmas yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Analisis menggunakan SPSS versi 24 dengan uji Spearman's rho.

Hasil: Sebagian besar responden memiliki konsep diri kategori baik sebanyak 33 responden (76,7%), dan tingkat kepatuhan kategori patuh sebanyak 32 responden (74,4%). Selain itu nilai signifikansi diperoleh 0,000<0,05 yang artinya terdapat hubungan hubungan konsep diri dengan kepatuhan pasien TB paru dalam menjalani pengobatan.

Kesimpulan: Konsep diri pasien TB paru mempengaruhi cara pandang tentang kesehatan diri yang dapat mempengaruhi rejimen pengobatan dan kepatuhan. Perawat komunitas diharapkan dapat memberikan intervensi untuk meningkatkan konsep diri dan meningkatkan kepatuhan pengobatan pada pasien TB paru.


Keywords


Konsep Diri; Kepatuhan; TB Paru; Pengobatan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v12i1.764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

                  






MAPS: