Faktor-Faktor Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Siswa SDN 177040 Desa Siabal-Abal I Tahun 2022

Ida Royani Simorangkir, Kesaktian Manurung, Rinawati Sembiring

Abstract


Latar belakang: Riskesdas tahun 2018 menjelaskan bahwa terjadi peningkatan proporsi mencuci tangan menggunakan sabun dari hasil studi pendahuluan diketahui bahwa 7 dari 10 siswa di SD N 177040 masih belum melakukan perilaku CTPS. Kurangnya perilaku ini disebabkan oleh faktor pengetahuan, sikap, sarana prasarana, dukungan teman sebaya dan faktor lainnya.

Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada Siswa SDN 177040 Desa Siabal-Abal I Tahun 2022.

Metode: Merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Subjek penelitian siswa/siswi SDN 177040 sebesar 169 dengan teknik total sampling. Instrument penelitian menggunakan kuisioner yang akan dianalisis menggunakan analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat.

Hasil: Berdasarkan hasil uji Chi-square diketahui bahwa ada hubungan antara peran guru (ρ value 0,000), dukungan teman sebaya (ρ value 0,026), pengetahuan (ρ value 0,012), sikap (ρ value 0,043), dan sarana prasarana (ρ value 0,044). Hasil uji multivariate diketahui bahwa pengetahuan adalah faktor yang paling berhubungan dengan perilaku CTPS.

Kesimpulan: Dari enam faktor yang berhubungan diketahui bahwa peran guru, dukungan teman sebaya, pengetahuan, sikap serta sarana prasarana merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku cuci tangan pakai sabun. Pengetahan merupakan faktor yang paling berhubungan dengan perilaku CTPS.


Keywords


Cuci Tangan Pakai Sabun; Perilaku; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v10i2.577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: