Perilaku Pemberian ASI Eksklusif dengan Status Gizi Bayi Usia 0-6 Bulan

nandini parahita supraba, Tesza Rezky Permata, Putri Rhadiyah

Abstract


Latar belakang: Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan melindungi bayi dari penyakit diperlukan pemberian ASI Eksklusif. Bayi berusia 6 bulan yang mendapatkan ASI Eksklusif tahun 2019 di Puskesmas Kelapa sebanyak 37,9%, menurun dari tahun 2018 yakni 48,8%. Angka stunting yaitu 441 dari 2755 balita (16%).

Tujuan: Mengetahui hubungan perilaku pemberian ASI eksklusif dengan status gizi pada bayi 0-6 bulan.

Metode: Penelitian cross-sectional analitik dengan pendekatan survei kuantitatif. Subjek pada penelitian yaitu 33 orang ibu yang menyusui bayi 0-6 bulan, dipilih secara purposive sampling. Penelitian memakai uji chi-square, Confidence Interval (CI) 95%.

Hasil: 17 orang (94,4%) dari 18 ibu menyusui, perilaku pemberian ASI dan status gizi bayinya baik. 14 orang (93,3%) dari 15 ibu menyusui, perilaku pemberian ASI dan status gizi bayinya kurang. Ibu yang perilaku menyusuinya baik, bayinya memiliki status gizi yang baik.

Kesimpulan: Perilaku pemberian ASI Eksklusif berhubungan dengan status gizi bayi 0-6 bulan, nilai p=0,000. Ibu yang perilaku menyusuinya baik, bayinya berstatus gizi baik. Dampak dari penelitian adalah diketahui bayi yang status gizinya kurang disebabkan perilaku menyusui ibu yang kurang. Ibu direkomendasikan untuk memperbaiki perilaku menyusuinya.

 

Kata kunci: ASI Eksklusif; Bayi; Status Gizi


Keywords


ASI Eksklusif; Bayi; Status Gizi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v10i1.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: