Tinjauan Literatur: Pengaruh Pijat Bayi terhadap Kualitas Tidur Bayi

Novi Yanti, Evi Zahara, Nurlaili Ramli, Putri Santy, Lia Lajuna

Abstract


Latar belakang: Pemantauan tumbuh kembang bayi merupakan fokus penting. Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang bayi antara lain tidur. Saat tidur, tubuh bayi memproduksi hormon pertumbuhan tiga kali lebih banyak dibandingkan saat bayi terjaga. Masalahnya masih banyak bayi yang mengalami gangguan tidur, dan beberapa penelitian menyebutkan bahwa pijat bayi merupakan salah satu cara untuk mengatasi gangguan tidur. Bayi yang dipijat, tidurnya lebih nyenyak sehingga bisa berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pijat bayi terhadap kualitas tidur bayi

Metode: Metode yang digunakan adalah literature review study yaitu  melakukan penelusuran artikel penelitian ilmiah mulai tahun 2015. Penelusuran berbasis data google scholar, Pubmed, Proquest dan Science Direct. Diperoleh sebanyak 44 artikel kemudian dilakukan identifikasi dan screening sehingga terjaring 14 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Data yang didapat kemudian kompilasi, dianalisa dan disajikan berdasarkan persamaan, perbedaan, hasil perbandingan dan pandangan peneliti.

Hasil: Jumlah  artikel  yang ditelaah sebanyak 14 artikel, seluruhnya (100%) menunjukkan adanya pengaruh pijat yang signifikan pijat terhadap peningkatan kualitas tidur bayi.

Kesimpulan: Pijat bayi efektif meningkatkan kualitas tidur bayi.


Keywords


Bayi; Kualitas Tidur; Pijat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v9i2.372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: