Potensi Ekstrak Etanol Daun Pelawan (Tristaniopsis merguensis Griff.) sebagai Antikolesterol

Auronita Puspa Pratiwi, Ratih Puspita Kusumadewi Purba

Abstract


Latar belakang: Pelawan (Tristaniopsis merguensis Griff.) banyak tersebar di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional, diantaranya sebagai obat diare dan hiperkolesterol. Daun Pelawan mengandung flavonoid, tanin dan saponin yang berpotensi menurunkan kadar kolesterol. Untuk itu diperlukan pembuktian ilmiah aktivitas antikolesterol daun Pelawan.
Tujuan: Mengetahui aktivitas antikolesterol ekstrak etanol daun Pelawan
Metode: Aktivitas antikolesterol diketahui dengan mengukur kadar kolesterol secara in vitro menggunakan reaksi Liebermann-Burchard. Konsentrasi uji yang digunakan adalah 50 ppm, 100 ppm, 200 ppm, 400 ppm, dan 800ppm. Pengukuran dilakukan dengan spektrofotometer UV-Vis.
Hasil: Data penelitian menunjukkan penurunan kadar kolesterol berbanding lurus dengan peningkatan konsentrasi ekstrak. Penurunan kadar kolesterol pada konsentrasi tertinggi mencapai 44%.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ekstrak etanol daun Pelawan memiliki aktivitas antikolesterol. Untuk memastikan potensinya dalam pengembangan bahan obat masih diperlukan pembuktian lebih lanjut.

Keywords


Bangka Belitung, Hiperkolesterol, Pelawan

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v8i2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: