Karakteristik Fisikokimia Tepung Umbi Kemili (Plectranthus rotundifolius) Sebagai Pangan Fungsional dari Desa Simpang Yul Kabupaten Bangka Barat

Novidiyanto Novidiyanto, Sutyawan Sutyawan, Ambar Wicaksono, Ori Pertami Enardi

Abstract


Latar belakang: Umbi kemili merupakan salah satu bahan pangan lokal jenis umbi-umbian yang dapat dijumpai di Desa Simpang Yul Provinsi Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Nama lain umbi kemili adalah kentang hitam (Plectranthus rotundifolius). Kentang hitam mengandung pati resistensi tipe 3 yang berpotensi memperbaiki profil lipida pada kondisi hiperkoleterolemia. Salah satu produk olahan umbi kemili adalah tepung umbi kemili.

Tujuan: Untuk mengetahui karakteristik fisikokimia (kadar proksimat, total pati, amilosa, amilopektin, sifat fisik warna, densitas kamba dan rendemen) tepung yang dibuat dari umbi kemili asal Desa Simpang Yul Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Metode: Metode penelitian adalah eksperimen di laboratorium dengan pengujian fisikokimia pada parameter kadar proksimat, total pati, kadar amilosa, kadar amilopektin serta sifat fisik (densitas kamba, warna dan rendemen) tepung umbi kemili.

Hasil: Dari hasil penelitian diketahui bahwa tepung umbi kemili mengandung kadar air 8,40%, kadar abu 2,09%, protein 3,42%, lemak 0,79%, serat kasar 4,30%, karbohidrat 85,30%, kadar pati total 78,85%, amilosa 30,22% dan amilopektin 48,63%. Tepung umbi kemili memiliki karakteristik warna 87,19%, densitas kamba 0,50 g/mL dan rendemen 21,57%.

Kesimpulan: Tepung umbi kemili asal Desa Simpang Yul memiliki kualitas fisikokimia lebih baik dibandingkan dengan umbi kemili segar dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya serta telah sesuai dengan persyaratan SNI 01-2997-1996 tentang tepung singkong.


Keywords


Umbi Kemili; Tepung Kemili; Fisikokimia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v10i2.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: