Efektivitas Aplikasi Tanda Bahaya Kehamilan (Tabamil) terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil

Winancy Winancy, Safira Aisya Pratiwi, Aticeh Aticeh

Abstract


Latar belakang: Data dalam laporan Pusat Kajian Anggaran DPR-RI tahun 2021 menyebutkan tingginya angka kematian ibu sekitar 230/100.000 kelahiran hidup pada tahun 2020. Hal ini membuat pemerintah mendorong untuk melakukan target penurunan AKI dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Pemerintah menargetkan AKI menjadi dibawah 70 per 100.000 kelahiran hidup di tahun 2030. Sekitar 75% kematian ibu disebabkan oleh perdarahan, 24 % dengan tekanan darah tinggi pada masa kehamilan (preeklampsi), infeksi, partus lama atau macet. Tanda bahaya dan komplikasi pada ibu hamil yang dapat terjadi yaitu diantaranya mual muntah sepanjang hari, demam, oedem pada kaki dan tangan serta wajah disertai kejang, gerakan janin yang berkurang, pengeluaran darah dari jalan lahir, dan pecahnya ketuban sebelum persalinan berlangsung. Penyebab terjadinya kematian ibu karena lambatnya mengenal tanda bahaya pada masa kehamilan.

Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aplikasi Tanda Bahaya Kehamilan (Tabamil) terhadap pengetahuan ibu hamil di PMB Bd. Umi Hikmawati pada periode pengambilan data sampel tahun 2021.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan one group pre test post test. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random untuk mendapatkan 70 responden ibu hamil yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control.

Hasil: Uji Statistik menggunakan Uji Mann Whitney dan Uji Wilcoxon. Pada Uji Mann Whitney menghasilkan p-value 0,028 untuk pengetahuan ibu hamil sedangkan untuk sikap ibu hamil menghasilkan p-value 0,018. Pada Uji Wilcoxon menghasilkan adanya perbedaan pada Kelompok Eksperimen dan kelompok Kontrol sebelum dan sesudah intervensi.

Kesimpulan: adanya perbedaan antara pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. aplikasi Tabamil berbasis website dikatakan lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.


Keywords


Ibu Hamil; Tanda Bahaya Kehamilan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v10i2.474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: