Pengaruh Media Cakram terhadap Pengetahuan Wanita Usia Subur tentang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang

Anisa Taqwa Syifa Haerudin, Neng Ayu Rosita

Abstract


Latar belakang: Dalam pelaksanaan program Bangga Kencana terdapat permasalahan mengenai tingginya angka drop out peserta Keluarga Berencana (KB). Di Provinsi Jawa Barat persentase peserta KB aktif tahun 2019-2020 mengalami penurunan sebesar 0,28% dan di Kabupaten Bandung sebesar 0,53%. Pada tahun 2021, Kecamatan Bojongsoang memiliki persentase drop out sebesar 13% dan Desa Buahbatu sebesar 13,40%. Untuk mengurangi risiko drop out maka dilakukan strategi peningkatan pelayanan KB dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Tujuan: Mengetahui pengaruh media cakram terhadap pengetahuan wanita usia subur mengenai MKJP di RW 11 Desa Buahbatu.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan rancangan one group pretest posttest kepada sampel sebanyak 53 wanita usia subur pada populasi 477. Analisis data menggunakan uji paired t-test.

Hasil: Rata-rata nilai pengetahuan wanita usia subur pretest sebesar 48,11 dan posttest sebesar 81,97 dengan peningkatan sebesar 70,38%. Nilai p value pada pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan media cakram sebesar (p=0,000).

Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan sesudah diberikan media cakram mengenai MKJP pada wanita usia subur di RW 11 Desa Buahbatu. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan mempertimbangkan variabel sikap dan perilaku.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v12i1.885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

                  






MAPS: