EDUKASI BAHAYA ABORSI MELALUI LAYANAN WHATSAPP DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 3 PALU

Hastuti Usman, Siti Hadijah, Nur Rista

Abstract


Aborsi diindikasikan merupakan masalah masyarakat karena memberi dampak pada kesakitan dan kematian ibu. Aborsi di Indonesia dilakukan oleh 2 juta orang tiap tahun, dari jumlah itu 70.000 dilakukan oleh remaja putri yang belum menikah. Remaja putri terbanyak di kota Palu adalah SMA Negeri 3 Palu sekaligus sekolah yang belum mendapatkan penyuluhan mengenai aborsi. Penyuluhan di SMA Negeri 3 Palu hanya menggunakan media face to face. Salah satu media komunikasi yang popular saat ini adalah whatsapp yang dapat digunakan untuk berbagi informasi. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh edukasi tentang bahaya aborsi melalui layanan whatsapp terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri pada kelas X dan XI di SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini merupakan pre eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Dengan besar sampel 86 responden, pengambilan sampel dengan teknik stratified proportional random sampling. Penelitian dilakukan selama 3 minggu dengan memberikan kuesioner hari pertama untuk mengukur pengetahuan dan sikap siswi lalu dilakukan edukasi melalui layanan whatsapp kemudian hari terakhir dilakukan posttest. Analisis uji statistik menggunakan uji wilcoxon dan diperoleh nilai ρ sebesar 0,000 (ρ < 0,05) serta peningkatan nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberikan edukasi sebesar 6,4. Pengaruh edukasi terhadap peningkatan sikap juga dianalisis menggunakan wilcoxon dengan nilai ρ sebesar 0,000 (ρ < 0,05) dan peningkatan rata-rata sikap sebelum dan sesudah edukasi sebesar 1,4. Kesimpulan bahwa ada pengaruh edukasi tentang bahaya aborsi melalui layanan whatsapp terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri di SMA Negeri 3 Palu. Disarankan untuk memberikan edukasi yang continue untuk siswi di SMA Negeri 3 Palu.

Kata Kunci : Edukasi, Bahaya Aborsi, layanan whatsapp, Remaja Putri

Full Text:

PDF

References


Abrori. (2014). Di Simpang Jalan Aborsi : Sebuah Studi Kasus Terhadap Remaja Yang Mengalami Kehamilan Tak Diinginkan. Gigih Pustaka Mandiri : Semarang.

Aisyah, S. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Whatsapp Terhadap Interaksi Anak Dan Orang Tua Peserta Didik Smpn 10 Pontianak. Pontianak: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Ayu, S., & Kurniawati, T. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Aborsi Dengan Sikap Remaja Terhadap Aborsi Di MAN 2 Kediri Jawa Timur. Universitas Ahmad Dahlan: Jawa Timur.

BKKBN. (2017). Survey Demografi Kesehatan Indonesia 2017. Pusat penelitian dan pengembangan Kependudukan. https://cis.bkkbn.go.id/latbabang/wpdmpro=sdki-2017-kespro-remaja_versi-indonesia. Diakses tanggal 20 September 2018.

Budiman & Riyanto A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Dinkes Kota Palu. (2015). Laporan Kejadian Abortus Pada Remaja Di Kota Palu 2015. Palu.

Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah (2015). Laporan Persalinan Pada Remaja Di Provinsi Sulawesi Tengah. Palu.

Gikas, J. & Grant, M.M (2013). Internet dan Pendidikan Tinggi. Hal 18-25

Husain, R.M., Kaeng, J.J., Suparman, E. (2014). Remaja Puteri Terhadap Bahaya Aborsi. Jurnal Kebidanan, 5(3), 1–7.

Kurniawati, H.F & Diniyah, K. (2018). Pengaruh pemberian informasi dengan aplikasi whatsapp terhadap pengetahuan remaja tentang HIV dan AIDS di SMAn 1 Temon Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Kesehatan. 7(3), 259-264.

Notoatmodjo S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukrillah, A. (2017). , IA Ratnamulyani 2 , AA Kusumadinata, 3(2), 95–104.

Sulastami, S., Yulia, R.N., Tegawati, L.M. (2016). Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: PT. Mustika Pustaka Negeri.

Wibisono, B. K. (2017). Efektivitas Penggunaan Grup Sosial Media Whatsapp Sebagai Media Edukasi Penanganan Pertama Cedera Musculoskeletal Pada Pelatih Sepakbola. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Yudhianto. (2017). Penggunaan Whatsapp Kian Mencengangkan. DetikInet, hlm. 1. http://inet.detik.com/cyberlife/. Diakses tanggal 20 September 2018.

Yulista, F. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Aborsi Terhadap Pengetahuan dan sikap Remaja Putri Tentang Aborsi Di SMK Widya Praja Ungaran. https://anzdoc.com/tingkat-pengetahuan-remaja-putri-tentang-bahaya-aborsi-di-ke.html. diakses tanggal 12 Februari 2019 jam 01.14 WITA.




DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v7i2.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

      






MAPS: