Perbandingan Sari Kacang Hijau dan Bubur Kacang Hijau terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil dengan Anemia

rabiah yusuf, Rabiah Umanailo, Sri Linda

Abstract


Latar Belakang: anemia karena kekurangan kadar hemoglobin dapat menyebabkan komplikasi serius bagi ibu pada masa kehamilan, persalinan, nifas. Upaya pencegahan dan penanggulangan anemia dilaksanakan pemerintah melalui pemberian suplementasi tablet besi dengan dosis pemberian sehari 1 butir minimal 90 butir selama masa kehamilan. Dapat pula dilakukan melalui peningkatan asupan makanan yang mengandung zat gizi tinggi untuk meningkatkan absorpsi besi.

Tujuan: menganalisis perbandingan sari kacang hijau dan bubur kacang hijau terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil dengan Anemia di wilayah kerja Puskesmas Kalumata.

Metode: menggunakan one group pretest-posttest design, penelitian dilakukan pada 38 ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Kalumata. Pemberian sari dan bubur kacang hijau masing-masing sebanyak 1 cup sekali sehari selama 14 hari. Sebelum dan sesudah intervensi diukur kadar hemoglobin (Hb) menggunakan alat pemeriksaan Hb digital. Uji statistik yang digunakan yaitu Independent sample t-test.

Hasil: rata-rata kadar Hb sebelum intervensi adalah 8,4 gr/dl dan rata-rata kadar Hb setelah intervensi adalah 11,7 gr/dl.  Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara pemberian sari dan bubur kacang hijau terhadap peningkatan kadar Hb p-value 0,933 >nilai α = 0,05.  

Kesimpulan: konsumsi tablet Fe dan Sari atau Bubur Kacang Hijau secara signifikan dapat meningkatkan  kadar haemoglobin ibu hamil dengan anemia.

 

Kata kunci: Sari; Bubur; Kacang Hijau; Hemoglobin.


Keywords


Sari; Bubur; Kacang Hijau; Hemoglobin.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v12i1.798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

                  






MAPS: