Efektifitas Metode Emodemo Smart Card Terhadap Dukungan Keluarga Pasien Tuberkulosis

Indah Lailatul Fadlilah, Iin Aini Isnawati, Nur Hamim, Muhammad Alfariz

Abstract


Latar belakang: Indonesia menempati urutan ketiga kasus tertinggi penderita Tuberkulosis (TB) paru. Rendahnya keterlibatan keluarga dalam memberikan dukungan pasien TB paru berdampak pada ketidakpatuhan minum obat yang mengakibatkan resistensi obat.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk efektifitas metode emodemo smart card terhadap dukungan keluarga pasien TB paru
Metode: Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design dengan jenis pre pro test design. Sampel penelitian berjumlah 43 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Intervensi penelitian menggunakan modul smart card dan Satuan Acara Penyuluhan (SAP) dengan alat ukur kuesioner dukungan keluarga. Uji statistik penelitian menggunakan SPSS versi 24 dengan uji Wilcoxon.
Hasil: Hasil penelitian diperoleh sebelum intervensi dukungan keluarga sebagian besar dalam kategori cukup 24 (55,8%), setelah intervensi dukungan keluarga mayoritas dalam kategori baik 37 (86%). Nilai signifikasi penelitian ini sebesar 0,000<0,05 yang artinya emodemo dengan metode smart card efektif terhadap dukungan keluarga pasien TB paru.
Kesimpulan: Emodemo dengan metode smart card dapat menjadi solusi untuk pendampingan keluarga pasien TB paru sehingga dapat meningkatkan dukungan keluarga pasien TB paru.

Keywords


Emodemo, smart card, family care, pulmonary TB

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v12i1.753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

                  






MAPS: