Depresi Remaja di Indonesia: Penyebab dan Dampaknya

Fridya Syavina Putri, Zahratun Nazihah, Dona Putri Ariningrum, Synthia Celesta, Chahya Kharin Herbawani

Abstract


Latar belakang: Kesehatan mental merupakan salah satu isu kesehatan yang menjadi penyebab kecacatan terbesar di Indonesia. Menurut WHO masalah kesehatan mental lebih berisiko pada remaja. Depresi merupakan gangguan mental yang umum di dunia. Salah satunya disebabkan oleh bullying yang memiliki dampak besar terutama pada remaja. Menurut Riskesdas 2018 prevalensi depresi pada remaja sebesar 6,2%.

Tujuan: Mengetahui lebih lanjut tentang penyebab dan dampak depresi pada remaja di Indonesia.

Metode: Studi ini menggunakan metode narrative review yang bersumber dari jurnal nasional, Google Scholar, Pubmed, dan Garuda dengan rentang publikasi dari tahun 2011-2021. Diperoleh sebanyak 55 artikel full text yang kemudian disaring dengan kriteria inklusi dengan fokus pada topik yang berkaitan mengenai depresi remaja sehingga didapatkan 9 literatur yang akan di review.

Hasil: Diperoleh 9 literatur yang menyatakan bahwa faktor yang dapat menyebabkan depresi antara lain bullying, faktor psikososial, kualitas hubungan dengan orang tua serta jenis kelamin yang menjadi faktor depresi remaja yaitu pada remaja perempuan yang memiliki neuroticsm dan cenderung lebih mudah mengalami stres. Literatur tersebut juga menyatakan bahwa dampak yang ditimbulkan dari depresi antara lain adalah mudah putus asa, tidak percaya diri, merasa tertekan, keinginan untuk bunuh diri, dan gangguan gizi.

Kesimpulan: Depresi berawal dari stres yang tidak diatasi. Penyebab depresi antara lain adalah faktor dari bullying, faktor psikososial, dan kualitas hubungan dengan orang tua. Dampak yang ditimbulkan depresi antara lain adalah mudah putus asa, masalah emosional, fungsional, dan fisik hingga keinginan untuk bunuh diri, dan gangguan gizi.


Keywords


Dampak Depresi; Depresi; Penyebab Depresi; Remaja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v10i2.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: