Tinjauan Literatur: Manfaat Pijat Laktasi untuk Meningkatkan Produksi ASI

Ria Anggraini

Abstract


Latar belakang: Pemberian ASI eksklusif dapat membentuk antibodi agar terlindung dari berbagai penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak, seperti pneumonia dan diare dan dapat membantu anak-anak bertahan hidup. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan ASI akan memiliki inteligensi yang lebih baik, kemungkinan mengalami obesitas dan kelebihan berat badan menjadi lebih kecil, dan juga kerentanan mengalami diabetes semasa dewasa kelak akan jadi lebih rendah.

Tujuan: Tujuan literature review adalah untuk mengetahui pengaruh pijat laktasi terhadap produksi ASI.

Metode: Metode yang digunakan adalah literature review, sumber data berupa artikel asli yang bersumber dari google scholar, proquest, pubmed dan science direct. Literature review  ini menggunakan sumber tahun 2017-2022 sebanyak 22 artikel kemudian dilakukan pemilihan artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 7 artikel. Data yang didapat kemudian kompilasi, dianalisa dan disajikan berdasarkan persamaan, perbedaan, hasil perbandingan dan pendapat peneliti.

Hasil: Peningkatan produksi ASI yang signifikan ditemukan pada semua artikel, semua artikel (100%) menunjukkan peningkatan produksi ASI yang signifikan pada ibu nifas yang dilakukan intervensi pijat laktasi.

Kesimpulan: Pijat laktasi efektif meningkatkan produksi ASI.

 

Kata kunci: Pijat laktasi; Produksi ASI; Ibu Nifas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v10i1.451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: