PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG DAGUSIBU TERHADAP KADER GERAKAN KELUARGA SADAR OBAT (GKSO) DESA TANJUNG GUNUNG BANGKA TENGAH

Rachmawati Felani Djuria

Abstract


Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa ke Desa Binaan Desa Tanjung Gunung yang menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat di Desa Tanjung Gunung tentang penggunaan obat khususnya pengelolaan obat dalam keluarga kurang. Selain itu, hasil penelitian Oktaviani (2017), menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat di Desa Tanjung Gunung tentang penggunaan obat antimalaria kurang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang DAGUSIBU di Desa Tanjung Gunung Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan metode Cara Belajar Ibu Aktif (CBIA). Metode yang digunakan adalah eksperimental murni pendekatan kuantitatif menggunakan prestest-posttest only control group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Juni tahun 2018. Jumlah sampel yang digunakan adalah total sampling (populasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CBIA dapat meningkatkan pengetahuan kader GKSO tentang DAGUSIBU di Desa Tanjung Gunung Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 61,54%. Ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dilakukan CBIA dan sesudah dilakukan CBIA dengan p-value 0,021. Sarannya mengaktifkan kader GKSO yang telah dibentuk serta mendayagunkan tim fasilitator dalam peningkatan pengetahuan tentang obat.

Keywords


CBIA, GKSO, DAGUSIBU, Tanjung Gunung

Full Text:

PDF

References


Arfian, B,M, Sri S, dan Rustamaji. 2016. Intervensi CBIA untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penggunaan Antibiotik yang Rasional pada Anggota Bina Keluarga Balita. Jurnal Kedokteran Brawijaya Vol 29, Agustus 2016. Jawa Timur.

Djuria, R.F. 2015. Penyuluhan Tata Laksana Pelayanan Informasi Obat (PIO) “DAGUBISU”. Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurusan Farmasi. Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang. Bangka Belitung.

Hartayu, Mohamed dan Sri. 2010. Efektivitas Metode Cara Belajar Insan Aktif untuk Diabetes Mellitus (CBIA-DM) dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Pola Hidup Sehat pada Penyandang Diabetes Mellitus Tipe 2 di Yogyakarta Indonesia. Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas Volume VII No 2, November 2010. Univeristas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Helni. 2018. Pengaruh Metode CBIA (Cara Belajar Ibu Aktif) Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Pada Swamedikasi di Kota Jambi. Bagian Farmasi. Program Studi Ilmu Kedokteran FKIK Universitas Jambi. Jambi.

Hurlock, E.B. 1998. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Tentang Kehidupan. Erlangga. Jakarta.

Lathifah, M.A., Susanti., Much.Ilham dan Aji Wibowo. 2015. Perbandingan Metode CBIA dan FGD dalam Peningkatan Pengetahuan dan Ketepatan Caregiver dalam Upaya Swamedikasi Demam pada Anak. Original Article Pharm Sci Res ISSN 2407-2354. August 2015 (Vol 2 No 2).

Mafruhah, O.R, Diesty, A.N, Sita, R.S. 2016. Pengaruh Edukasi CBIA (Cara Belajar Ibu Aktif) Terhadap Tingkat Pengetahuan Obat Common Cold di Desa. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Prodi Famasi, Fakultas MIPA, Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Mazziyah, N. 2015. Penyuluhan Penggunaan Obat Yang Benar (DAGUSIBU) di Padukuhan Bakalan, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Program Studi Farmasi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT.Rineka Cipta. Jakarta.

Oktaviani, H. 2017. Gambaran Pengetahuan Masyakarat Tentang Penggunaan Obat Anti Malaria di Desa Tanjung Gunung. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Farmasi. Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang. Bangka Belitung.

Sari, dkk. 2015. Kurangnya Pengetahuan Masyarakat Mengenai DAGUSIBU. Makalah Bahasa Indonesia. Fakultas Farmasi. Universitas Airlangga. Surabaya.

Susilowati, E. 2012. Peningkatan Pengetahuan Informasi Obat Pada Anggota Ikatan Istri Karyawan Pindad (IIKP) Turen Melalui Metode Cara Belajar Ibu Aktif (CBIA). Artikel Penelitian. Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang. Jawa Timur.

Tiara, B. 2015. Gambaran Pengetahuan Tentang Penyimpanan Obat Swamedikasi Pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Tahun 2015. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Farmasi. Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang. Bangka Belitung.

Witri, Agustin dan Muhammad. 2017. Pengaruh Metode CBIA (Cara Belajar Insan Aktif) terhadap Pengethuan Informasi Obat Selesmas Pada Anggota Karang Taruna Dusun Wanujoyo Lor Srimartani Piyungan Bantul. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Setya Medika Vol 2 September 2017. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v6i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah