Pengaruh Frekuensi Baby Massage terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan

Rabiah Umanailo, Rosida Hi. Saraha

Abstract


Latar belakang : upaya kesehatan yang dilakukan sejak anak masih dalam kandungan sampai dengan lima tahun pertama kehidupannya ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup anak agar mencapai tumbuh kembang optimal. Salah satu bentuk stimulus yang dapat memberikan respon terhadap pertumbuhan dan perkembangan yaitu Baby Massage, pijatan yang dilakukan akan menurunkan gelombang alpha dan meningkatkan gelombang beta serta tetha sehingga membuat bayi tertidur lelap.
Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi baby massage terhadap kualitas tidur bayi usia 3-6 bulan.
Metode : rancangan penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest.
Hasil : dari 10 responden (bayi usia 3-6 bulan), 5 responden dengan frekuensi massage kurang (1-2 kali/1 bulan) memiliki kualitas tidur buruk sebanyak 3 orang dan kualitas tidur baik sebanyak 2 orang. Sedangkan 5 responden yang memiliki frekuensi massage baik (3-4 kali/1 bulan) seluruhnya memiliki kualitas tidur baik dengan nilai p= 0,038<0,05.
Kesimpulan : terdapat pengaruh frekuensi baby massage terhadap kualitas tidur bayi usia 3-6 bulan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Perlu dilakukan pendampingan baby massage oleh bidan kepada ibu yang memiliki bayi sebagai bentuk stimulasi tumbuh kembang bayi.
Kata Kunci : Baby Massage, Frekuensi, Kualitas Tidur Bayi.

Keywords


Baby massage; Frekuensi; Kualitas Tidur Bayi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v9i2.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: