Analisis Kepuasan Kerja Sumber Daya Manusia Kesehatan di Puskesmas Terpencil Kabupaten Bangka Selatan

Akhiat Akhiat, Amiruddin Amiruddin

Abstract


Latar Belakang: Wilayah Indonesia yang sangat luas dan merupakan wilayah kepulauan menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan untuk melakukan tugasnya di Puskesmas daerah terpencil dan kepulauan. Hal ini menuntut Pemerintah Daerah untuk memberikan perlakuan khusus kepada SDM Kesehatan agar pelayanan kesehatan dapat terlaksana secara optimal.

Tujuan: Menganalisis tingkat kepuasan Sumber Daya Manusia Kesehatan yang ditempatkan di Puskesmas terpencil Kabupaten Bangka Selatan

Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen data menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Batu Betumpang dan Puskesmas Tanjung Labu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 110 orang dan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 60 orang menggunakan teknik random sampling.

Hasil: Kepuasan terhadap pekerjaan pegawai masuk dalam kategori sangat tinggi 28% pegawai, kategori tinggi sebanyak 52% pegawai, kategori cukup tinggi sebanyak 15% pegawai dan kategori kurang tinggi sebanyak 5% pegawai.

Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja pegawai terhadap tugas pokok dan fungsi kerja dalam kategori tinggi.


Keywords


Kepuasan Kerja; Puskesmas Daerah Terpencil; SDM Kesehatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32922/jkp.v9i2.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang | Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov. Bangka Belitung Jalan Telaga Biru I Desa Padang Baru - Bangka Tengah

JKP (JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKAPINANG) INDEXED BY:

          






MAPS: